nurikaputri

The greatest WordPress.com site in all the land!

IDE BISNIS KUE MOCHI

pada Juni 7, 2012

IDE BISNIS

“KUMOSA” si kue moci aneka rasa

Tulisan ini untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Kewirausahaan

Dosen pengampu : Lilik Setiono, M.Pd.Si.

 

 

 

 

Oleh

Senja Ayu Hapsari     (09690001)

Nurika Putri               (09690018)

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Mei, 2011

I

PENDAHULUAN

 

 

A.    Latar Belakang

     Menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat setiap harinya, sebagai entrepreneur memang harus memiliki kreatifitas untuk produknya agar tetap mampu bertahan di tengah perkembangan bisnis, salah satunya dengan melakukan deferensiasi produk

     Bisnis yang paling menggiurkan adalah bisnis makanan dan minuman. Karena selain menjadi kebutuhan pokok sehari-hari, makanan dan minuman memiliki daya tarik yang bagus untuk konsumen dengan berbagai jenis, dari makanan atau minuman tradisional hingga universal yang memiliki banyak macam variasi rasa, harga, bentuk sajian, dan keunikan sehingga masyarakat akan tertarik untuk mencoba.

     Meskipun untungnya tidak sebesar bisnis jual beli rumah atau konveksi, namun keuntungan dari hasil penjualan makanan atau minuman ini dapat kita dapatkan setiap hari, sehingga bisa kita atur bagaimana penggunaan laba tersebut, untuk menambah jumlah dagangan atau merehab peralatan dengan yang baru atau lebih modern sebagai bentuk pengembangan usaha tersebut. Modal yang dibutuhkan juga relatif sedikit jika dibandingkan dengan bisnis lainnya. Dengan membaca peluang bisnis makanan di sekitar, kue moci merupakan salah satu camilan yang belum banyak digeluti oleh industri kecil rumah tangga. Hal tersebut dikarenakan belum memasyarakatnya kue moci di beberapa kalangan, sehingga resep pembuatannya pun belum banyak diketahui.

 

B.     Tujuan

Konsep bisnis yang kami buat ini bertujuan untuk:

1.      Menyalurkan minat kewirausahaan dengan menuangkan ide unik sekaligus memperoleh untung yang menggiurkan dari penjualan

2.      Memperkenalkan kue moci kepada masyarakat luas dengan berbagai variasi isi/rasa, topping, dan bentuk sehingga menarik minat para konsumen dari berbagai lapisan masyarakat dengan kualitas berkelas dan harga terjangkau.

 

C.     Manfaat

     Ketika konsep bisnis ini kita terapkan tentu saja kita memperoleh ilmu kewirausahaan secara langsung. Selain itu bisnis kue moci ini akan menjadi variasi pilihan bagi para konsumen, bahkan bisa membuka persaingan peluang bisnis dan trendsetter baru (setelah tela-tela, jamur kriuk, dan tahu bulat), sehingga menginspirasi industri kecil rumah tangga lain untuk berinovasi.

II

ISI

 

 

·         Kenapa harus kue moci???

Kue moci merupakan salah satu camilan manis khas Cina yang sudah banyak mengalami adaptasi di dunia. Di Indonesia moci cukup di kenal, rasanya yang legit dengan tekstur kenyalnya membuat lidah selalu bergoyang. Ada beberapa versi kue moci yang berkembang di Indonesia seperti versi Cianjur, Sukabumi dan Semarang, dan semua versi tersebut memiliki ciri khas masing-masing. Dengan memberi beberapa variasi isi/rasa, topping, dan bentuk, makanan ini akan menjadi lebih menarik.

resep makanan

·         Target Konsumen

Semua lapisan masyarakat

 

·         Kelebihan

Selain mudah dijalankan, usaha makanan kue moci merupakan salah satu usaha kuliner yang bisa dibangun dengan modal yang tidak terlalu besar. Bahan dan alat mudah didapatkan. Belum banyak pesaing di daerah Yogyakarta yang menvariasikan kue moci dengan berbagai rasa/isi, bentuk dan topping, sehingga peluang untuk menarik minat konsumen semakin besar.

 

·         Kekurangan

Untuk memperkenalkan kue moci ini diperlukan pengorbanan awal untuk memberikan sample kepada orang-orang di sekitar, sebab tidak banyak kalangan yang mengenal kue moci, apalagi yang telah divariasi.

 

·         Bagaimana Memulai Bisnis Kue Moci???
Pengetahuan dan Keterampilan Membuat Kue Moci
Tentu saja harus mengetahui bagaimana cara pembuatan kue moci yang benar. Selain itu, bisa melakukan survey dengan cara membeli kue moci dari beberapa penjual untuk mengetahui kue moci seperti apa yang enak di lidah dan membuat ketagihan atau menjadi favorit.
Berikutnya belajar membuat kue moci dan bereksperimen dengan berbagai varian isi/rasa, topping, dan bentuk. Alternatif terakhir adalah menggunakan tenaga orang lain. Sebagai pemodal bisa saja mempekerjakan orang lain yang dibekali keterampilan membuat kue moci.

·         Modal dan Keuntungan
Untuk membuat dan menjual kue moci tentu saja membutuhkan berbagai peralatan. Kompor,  pinggan, piring, kardus, plastik, bahan baku awal, dan peralatan lainnya. Yang terpenting adalah menentukan kapan bisnis harus balik modal. Dari sinilah bisa ditentukan harga jual dengan memperhitungkan biaya produksi. Keuntungan yang diambil hingga 30% dari biaya produksi.

 

·         Pemasaran

Pemasaran dari mulut ke mulut masih sangat efektif untuk menginformasikan sebuah usaha. Maka dari itu perlu melibatkan saudara, keluarga atau teman dekat untuk ikut memasarka kue moci ini. Kemudian bisa juga menggunakan stand di lokasi yang sekiranya ramai dengan menggunakan spanduk yang bertuliskan nama produk.

 

·         Hambatan yang mungkin terjadi???

Hambatan yang mungkin terjadi di bisnis ini adalah…
1. Dalam proses pembuatan dan penjualan pertama akan mendapati respon dari konsumen yang berbeda-beda, sehingga dibutuhkan kegigihan dan percaya diri yang tinggi untuk melakukan bisnis ini.

2.Berjualan tentu tidak selalu ramai, tetapi jika pemasaran yang kita lakukan berhasil, jeli mencari lokasi atau dengan konsep keliling maka hambatan satu ini bisa sedikit disiasati.
3. Turn Over karyawan kadang menjengkelkan, jika menggunakan karyawan, bersiap-siap untuk ditinggal karyawan. Hal ini sudah wajar. Kadang karena karyawan kita sudah merasa bisa kemudian mempunyai keinginan membuka usaha sendiri. Cara menyiasatinya?? tentunya menjadi bos yang baik dan memperhatikan kesejahteraan karyawan.

 

·         Bagaimana strateginya???

Meskipun hanya wirausaha kecil tetapi tetap saja harus memiliki strategi bisnis yang bagus supaya bisnis tersebut mampu bertahan dan laku keras di pasaran. Berikut beberapa strategi yang diterapkan dalam menjalankan bisnis mikro ini:

1.      Diawal usaha, tidak perlu memproduksi dalam jumlah banyak untuk menghindari kerugian.

2.       Berkorban sedikit demi promosi. Seperti dengan membagikan kuen moci gratis ke beberapa tetangga dan teman untuk berpromosi dan mendapatkan feed back dari mereka. Bila mereka berpendapat “enak”, maka tingkat percaya diri akan semakin tinggi.

3.       Hitung ulang keuntungan apabila ingin memakai jasa karyawan ataupun tertarik untuk menitipkan kue moci di beberapa warung atau toko.

4.       Jaga kualitas, tidak menjual kue moci sisa kemarin atau yang sudah tidak layak jual, hal ini adalah nilai minus terbesar yang dapatdiperoleh dari konsumen.

5.       Survey dan terus mencoba membuat kue moci yang lebih unik dan lebih baik dari rasa maupun penyajian dari rival.

6.       Kebersihan. Nilai plus dari konsumen untuk kebersihan yang terjaga.

7.      Cari karyawan yang sedang butuh pekerjaan dan  rekomendasikan dari daerah, mereka kebanyakan tidak rewel dan benar kerjanya. Tapi memerlukan dana ekstra untuk biaya transport mereka dari daerah.

 

·         Resep kue moci

Bahan Kulit :

* 150 g tepung ketan
* 30 g tepung beras
* 60 g gula pasir
* 250 ml air
* 1 sdm air kapur sirih
* ¼ sdt garam halus
* ½ sdt vanilla pasta/bubuk

Bahan Isi :

* 200 g kacang tanah, sangrai, haluskan
* 100 g selai kacang/pindakas
* 1 sdm susu kental manis
* 3 sdm gula halus

(variasi lain: rasa moka, jahe, keju, wijen, vanilla, pandan, durian, nangka, melon, stroberi, pisang ambon, dll )

              

resep makanan

Pelengkap :

* 100 g tepung maizena, sangrai 7 menit dengan api kecil

Cara Membuat :

1.  Kulit : Campur tepung ketan, tepung beras, gula pasir, air kapur sirih, vanili dan garam. Aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis.

2.  Isi : campur semua bahan isi, aduk rata.

1.  Letakan adonan di dalam loyang atau pinggan tahan panas. Kukus selama 15 menit. Keluarkan, aduk-aduk selama 2 menit. Kukus kembali adonan selama 20 menit atau hingga adonan benar-benar matang. Angkat. Diamkan hingga adonan hangat (suam-suam kuku).

2.  Ambil sejumput adonan, beri satu sendok teh bahan isi, bentuk bulat. Gulingkan ke atas tepung maizena yang telah disangrai. Atur di dalam pinggan saji. Hidangkan.

 

·         Kunci Sukses
Selalu menjaga kualitas produk, menghindari bahan baku yang membahayakan kesehatan seperti pengawet dan pewarna yang tidak disarankan penggunaannya pada makanan. Bila bisnis ini semakin meningkat, kami akan mencantumkan nomor ijin badan POM dan sertifikasi halal dari MUI, karena dengan begitu konsumen akan semakin yakin bahwa produk ini benar-benar aman.

 

·         Analisis bisnis

Berikut ini  analisis sederhana kue moci:

Modal Awal:
1 Kompor Gas dan  Tabung : Rp 400.000,00
Peralatan Masak : Rp 200.000,00
Jumlah Modal Awal : Rp 600.000,00

Peralatan mengalami masa penyusutan selama 2 tahun. Dengan asumsi biaya penyusutan per tahun adalah Rp 300.000,00 atau +- Rp 25.000,00 per bulan.

Perlengkapan 
Kardus makan : Rp 50.000,00
Kertas minyak : Rp 20.000,00
Jumlah Perlengkapan : Rp 70.000,00

Bahan Baku 

Bahan Baku : Rp 100.000,00
Topping dan aneka isi : Rp 80.000,00
Jumlah Bahan Baku : Rp 180.000,00

Omset Penjualan Perbulan 

Pendapatan (300 buah x 30 hari x Rp. 500) : Rp. 4.500.000,-

Biaya – biaya perbulan :
Biaya Bahan baku 1000.000
Biaya Perlengkapan + lainnya 300.000
Penyusutan 100.000
Gaji Pokok Karyawan 300.000
Komisi Penjualan (Rp. 50/buah) 450.000
Sewa tempat (asumsi di alfamart) 300.000

Jumlah Biaya – biaya : Rp. 2.450.000

LABA Bersih : Rp. 2.050.000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

III

PENUTUP

 

 

A.    Kesimpulan

     “KUMOCI” si kue moci aneka rasa ini,  merupakan salah satu ide bisnis yang dapat dicoba untuk diterapkan. Dengan beberapa pertimbangan seperti kelebihan dan kekurangan, dapat disimpulkan bahwa lebih banyak kelebihan daripada kekurangannya, hanya saja dibutuhkan kerja ekstra untuk mencapai tujuan dan mendapatkan untung yang maksimal. Dari analisis di atas diperoleh laba bersih yang hampir mendekati modal, hal ini menjadikan ide bisnis “KUMOSA” si kue moci aneka rasa semakin menarik untuk diterapkan.

 

B.     Saran

     Agar diperoleh hasil yang lebih baik, penulis sangat membutuhkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: